Dina Sanichar, Anak Laki-Laki Yang Ditemukan Tinggal di Hutan Yang Menginspirasi Mowgli, The Jungle Book

Image
Sebagian dari kita pasti sudah tahu cerita The Jungle Book, dengan tokoh anak kecil bernama Mowgli yang merupakan karya  terkenal Rudyard Kipling. The Jungle Book menceritakan kisah Mowgli: seorang anak laki-laki yang ditinggalkan oleh orang tuanya dan dibesarkan oleh serigala. Dimana dia hidup dan dibesarkan dalam dunia  hewan. Dia tidak pernah belajar bagaimana berinteraksi dengan manusia lain. Kisah terkenal Kipling, yang keudian diadaptasi menjadi  film keluarga oleh Walt Disney, memiliki pesan yang membangkitkan semangat tentang penemuan jati diri dan harmoni antara peradaban manusia dan alam.  Namun, hanya sedikit orang yang tahu bahwa kisah itu didasarkan pada peristiwa nyata yang tragis. Namanya Dina Sanichar, yang dikenal juga dengan sebutan “the Indian wolf-boy”, seorang anak laki-laki liar yang hidup pada abad ke-19 dan dibesarkan oleh serigala—banyak yang percaya bahwa Dina adalah inspirasi sebenarnya di balik The Jungle Book. Tapi perlu dicatat, meskipun kenyataannya, terk
loading...

Mengenal sosok Vlad III, Vlad The Impaler, The Real Dracula

Kalian semua pasti tahu sosok vampir legendaris, yang diciptakan oleh penulis Bram Stoker dalam novelnya tahun 1897 dengan nama yang sama, telah menginspirasi banyak film horor, acara televisi, dan cerita cerita vampire lainnya.
Meskipun Dracula sendiri adalah murni tokoh fiksi, tapi Stoker menamai karakternya yang terkenal itu dari sosok seseorang yang memang nyata adanya dan kebetulan memiliki selera akan 'darah', dialah Vlad III, atau Vlad Dracula, Pangeran Wallachia atau lebih dikenal  dengan nama Vlad the Impaler.  Nama julukan yang aneh itu adalah bukti bahwa begitulah cara pangeran Wallachia mengalahkan musuh-musuhnya.

Vlad the Impaler, Pangeran Wallachia, adalah seorang raja yang menakutkan yang memerintah wilayah Rumania Transylvania pada abad ke-15, yang menyulut ketakutan kepada siapa saja
 yang berani melawannya dan dialah Dracula yang sebenarnya.

Tetapi meski memiliki nama yang sama, kedua Dracula tidak memiliki banyak kesamaan, menurut sejarawan yang telah mempelajari hubungan antara vampir Stoker dan Vlad III.

Siapakah sosok Vlad III?

Vlad the Impaler dilahirkan sebagai Vlad III pada tahun 1431.  Ia dilahirkan di negara bagian Wallachia, yang sekarang menjadi bagian selatan dari Romania saat ini. Namun, hubungan antara Vlad the Impaler dengan Transylvania (seperti di tokoh fiksi drakula) sebenarnya lemah, menurut Florin Curta, seorang profesor sejarah abad pertengahan dan arkeologi di University of Florida.
Vlad II
"Dracula [Stoker's] berasal dari Transylvania, tetapi Dracula yang asli dan ada dalam sejarah - Vlad III - tidak pernah memiliki hubungan apa pun di Transylvania," kata Curta kepada Live Science.

Kastil Bran, objek wisata modern di Transylvania yang sering disebut sebagai kastil Dracula, sebenarnya tidak pernah menjadi rumah Vlad III.

Lalu kenapa kastil tersebut hingga kini disebut sebagai rumah drakula?
"Karena kastil itu ada di pegunungan di daerah berkabut jadi kelihatannya menyeramkan, itulah yang dibayangkan dari kastil Drakula," kata Curta.

"Tapi Vlad III tidak pernah tinggal di sana. Dia bahkan tidak pernah menginjakkan kaki di sana."
Bran Castle
Ayah Vlad III yaitu Vlad II, memang memiliki tempat tinggal di Sighişoara, Transylvania, tetapi tidak pasti juga bahwa Vlad III lahir di sana.  Mungkin juga, bahwa Vlad the Impaler dilahirkan di Târgovişte, yang pada waktu itu adalah bagian dari kerajaan Wallachia, di mana ayahnya adalah "voivode," atau penguasa.

Pada tahun 1431, Raja Sigismund dari Hongaria, yang kemudian menjadi Kaisar Romawi Suci, melantik Vlad II menjadi ordo ksatria yaitu: Order of the Dragon.  Sebutan ini memberikan nama belakang baru bagi Vlad II, yaitu: Dracul.  Nama itu berasal dari kata Rumania kuno untuk naga, yaitu "drac."  Putranya, Vlad III, kemudian dikenal sebagai "putra Dracul" atau, dalam bahasa Rumania kuno, Drăculea, maka jadilah Dracula. Dalam bahasa Rumania modern, kata "drac" merujuk pada makhluk lain yang ditakuti yaitu iblis.
Targoviste, Romania - Chindia Tower, former Wallachia kingdom capital city, Dracula city.
Menurut "Dracula: Sense and Nonsense" oleh Elizabeth Miller, pada tahun 1890 Stoker membaca sebuah buku tentang Wallachia.  Meskipun tidak menyebutkan Vlad III, Stoker tertarik dengan kata "Dracula."  Dia menulis di catatannya, "dalam bahasa Wallachian berarti DEVIL."  Karena itu sangat mungkin bahwa Stoker memilih kata itu untuk menamai karakternya Dracula untuk asosiasi yang jahat.

Teori bahwa Vlad III dan Dracula adalah orang yang sama dikembangkan dan dipopulerkan oleh sejarawan Radu Florescu dan Raymond T. McNally dalam buku mereka di tahun 1972 "In Search of Dracula."
Meskipun teori itu tidak begitu diterima oleh semua sejarawan, tapi tesis inilah yang memegang imajinasi publik hingga saat ini, yang masih berpikir jika Dracula dan Vlad III adalah orang yang sama.

Perang melawan Ottoman

Order of the Dragon memiliki tugas tugas khusus yaitu kekalahan Turki, atau Kekaisaran Ottoman. Terletak antara Eropa dan tanah Muslim Kekaisaran Ottoman.
Kerajaan Vlad II (dan kemudian Vlad III) dari Wallachia sering menjadi tempat pertempuran berdarah ketika pasukan Ottoman menyerang ke barat Eropa, dan pasukan Kristen memukul mundur para penjajah.

Karena kedekatannya dengan Eropa yang dikuasai Kristen dan Kekaisaran Ottoman yang dikuasai Muslim yang sedang berperang, Wallachia sering menjadi tempat pertempuran.

Vlad II ditahan

Ketika Vlad II dipanggil ke pertemuan diplomatik pada tahun 1442 dengan Sultan Ottoman Murad II, ia membawa serta putra-putranya Vlad III dan Radu.  Tapi pertemuan itu sebenarnya adalah jebakan: Ketiganya ditangkap dan disandera. Vlad II dibebaskan dengan syarat ia harus meninggalkan putranya. Vlad II setuju dan percaya itu adalah pilihan paling aman baginya dan putra-putranya.
Radu by Devianart.com

"Sultan menahan Vlad III dan saudaranya sebagai sandera untuk memastikan bahwa ayah mereka, Vlad II, pergi sendiri dalam perang yang sedang berlangsung antara Turki dan Hongaria," kata Miller, seorang sejarawan penelitian dan profesor emeritus di Memorial University of Newfoundland di Kanada.

Di bawah kekuasaan Ottoman, Vlad dan adik lelakinya diajari ilmu, filsafat dan seni.  Vlad juga menjadi penunggang kuda dan pejuang yang terampil, menurut Radu Florescu dan Raymond McNally, mantan profesor sejarah di Boston College.

 "Mereka diperlakukan cukup baik dengan standar saat ini," kata Miller.

"Tetap saja, [penawanan] membuat Vlad III kesal, sedangkan saudaranya memilih untuk pergi ke pihak Turki. Dan Radu sendiri kemudian memeluk Islam. Tapi Vlad menahan permusuhan, dan saya pikir itu adalah salah satu faktor pendorongnya untuk memerangi Turki untuk membalas mereka yang  menahannya."

Vlad II tewas terbunuh

Sementara Vlad dan Radu berada di tangan Ottoman, ayah Vlad berjuang untuk mempertahankan posisinya sebagai voivode dari Wallachia, sebuah pertarungan yang pada akhirnya akan kalah.  Pada 1447, Vlad II digulingkan dari penguasa Wallachia oleh bangsawan setempat dan terbunuh di rawa-rawa dekat Blteni, jalan antara Târgovişte dan Bukares di Rumania saat ini.  Sementara kakak laki-laki Vlad, Mircea, disiksa, dibutakan dan dikubur hidup hidup.

Setelah kematian keluarganya, yang diyakini sebagian besar sejarawan sebagai titik dimana Vlad mulai menjadi Impaler yang kejam, lalu Vlad mengambil nama baru, dengan menyebut dirinya sebagai Vlad Dracula, atau putra naga.

Tidak lama setelah peristiwa mengerikan ini, pada 1448, Vlad III memulai kampanye untuk mendapatkan kembali tahta ayahnya dari penguasa baru, Vladislav II.  Upaya pertamanya di atas takhta itu bergantung pada dukungan militer dari gubernur Ottoman di kota-kota di sepanjang Sungai Danube di Bulgaria utara, menurut Curta.

Vlad akhirnya memenangkan kembali kursi ayahnya, tetapi waktunya sebagai penguasa Wallachia berumur pendek.  Dia kembali digulingkan setelah hanya dua bulan berkuasa, dan Vladislav II mengambil kembali takhta Wallachia.

Tidak banyak yang diketahui tentang keberadaan Vlad III antara 1448 dan 1456. Tetapi diketahui bahwa ia beralih pihak dalam konflik Ottoman-Hongaria, melepaskan hubungannya dengan gubernur Ottoman di kota-kota Danube dan mendapatkan dukungan militer dari Raja Ladislaus V dari Hongaria,  yang kebetulan tidak menyukai Vladislav II.

Taktik politik dan militer Vlad III benar-benar menjadi yang terdepan di tengah kejatuhan Konstantinopel pada tahun 1453. Setelah musim gugur, pasukan Utsmani berada dalam posisi untuk menyerang seluruh Eropa.  Vlad, yang telah memperkuat posisinya yang anti-Ottoman, diproklamasikan sebagai voivode Wallachia pada tahun 1456. Salah satu perintah pertama bisnisnya dalam peran barunya adalah berhenti membayar upeti tahunan kepada sultan Ottoman.

Vlad the Impaler

Legenda mengatakan bahwa Vlad mendapatkan kembali kekuasaannya setelah kampanye di tahun 1456 melawan Ottoman di mana ia secara pribadi memenggal musuhnya, Vladislav II, dalam pertempuran satu lawan satu. Setelah mendapatkan kembali kekuasaan, pemerintahan Vlad Dracula benar-benar berubah kejam.

Untuk mengkonsolidasikan kekuatannya sebagai voivode, Vlad perlu memadamkan konflik tak henti-hentinya yang secara historis terjadi antara para bangsawan Wallachia.  Untuk menegaskan dominasi dan memperkuat dirinya sebagai pemimpin yang menakutkan, Vlad mengadakan perjamuan, mengundang semua orang bangsawan yang ingin menentangnya. Tapi undangan tersebut adalah sebuah jebakan, karena ketika mereka tiba, dia menikam mereka semua dan menusuk tubuh mereka yang masih mengejang dengan paku.

Bentuk penyiksaan lainnya dari Vlad III adalah impaling. Impaling adalah bentuk penyiksaan dimana tiang logam atau kayu dimasukkan ke dalam lubang tubuh, misalnya, dubur atau vagina.  Tiang/tongkat logam/kayu kemudian akan diatur ke posisi vertikal dan pada akhirnya gravitasi  akan menarik tubuh korbannya yang malang ke bawah sampai tongkat logam tersebut keluar melalui leher atau bahu mereka.

Vlad juga menusuk puluhan pedagang Saxon di Kronstadt (sekarang Braşov, Rumania), yang pernah bersekutu dengan para bangsawan, pada tahun 1456. Sekitar waktu yang sama, sekelompok utusan Ottoman diduga memiliki audiensi dengan Vlad tetapi mereka menolak untuk  melepas sorban mereka.  Vlad memuji mereka atas pengabdian religius mereka, tapi Vlad memastikan bahwa sorban mereka akan selamanya tetap berada di kepala mereka dengan memaku sorban sorban itu di tengkorak kepala mereka.

Kesadisan lain dari Vlad the Impaler adalah diceritakan jika ia memiliki kuali tembaga yang besar. Dia menempatkan orang-orang  itu di dalam kuali dan meletakkan kepala mereka di lubang-lubang dan mengikat mereka di sana kemudian dia mengisinya dengan air dan membakar kuali itu dan membiarkan orang-orang diatasnya. Mereka direbus sampai mati.  Dan penyiksaan yang menakutkan lainnya yang belum pernah terjadi adalah ketika dia memerintahkan agar para wanita ditusuk bersama-sama dengan bayi mereka yang sedang menyusu di tiang yang sama.  Bayi-bayi itu berjuang untuk hidup di dada ibu mereka sampai mereka mati.
Image
Dan legenda juga mengatakan bahwa Vlad Dracula bahkan mengadakan makan malamnya sendiri di "hutan paku" dengan pemandangan tubuh para korbannya yang tertusuk dan ditampilkan di seluruh Wallachia untuk menakuti musuh-musuhnya

Tidak mengherankan, cara mengerikan ini sangat menguntungkan bagi Vlad sehingga ia akan melakukan kekejaman ini kepada siapa saja yang mencoba melawannya.

Kemenangan Vlad atas penyerbuan Ottoman dirayakan di seluruh Wallachia, Transylvania dan seluruh Eropa - bahkan Paus Pius II terkesan.

Sejarah pada saat itu mengklaim bahwa ia membunuh 80.000 orang, dan menusuk sekitar 20.000 orang selama masa pemerintahannya, termasuk pedagang Saxon, desertir Ottoman, dan tahanan perang pengkhianat.

Kematian Vlad

Pembantaian itu dilaporkan sangat mengganggu sehingga beberapa sultan Ottoman mundur begitu melihatnya.

Akhirnya, Ottoman memperoleh taktik dan langkah militer, mereka mengambil takhta dari Vlad, menuju ke kota dan menggulingkannya. Tidak lama setelah penahanan tahanan perang Ottoman, pada Agustus 1462, Vlad dipaksa menuju ke pengasingan di Hongaria, ia tidak mampu mengalahkan lawannya yang jauh lebih kuat, Mehmet II.  Vlad dipenjara selama beberapa tahun selama pengasingannya, meskipun pada saat yang sama ia menikah dan memiliki dua anak.

Adik Vlad, Radu, yang memihak Ottoman selama kampanye militer yang sedang berlangsung, mengambil alih pemerintahan Wallachia setelah pemenjaraan kakaknya.  Tetapi setelah kematian Radu pada tahun 1475, para bangsawan setempat, serta para penguasa dari beberapa kerajaan terdekat, lebih memilih kembalinya Vlad ke tampuk kekuasaan.

Pada 1476, dengan dukungan voivode dari Moldavia, Stephen III the Great (1457-1504), Vlad melakukan upaya terakhir untuk merebut kembali kursinya sebagai penguasa Wallachia.  Dia berhasil mencuri kembali tahtanya, tetapi kemenangannya berumur pendek.  Di akhir tahun tersebut ia menuju ke pertempuran lagi melawan Ottoman, Vlad dan pasukan kecil tentaranya disergap. Vlad terbunuh dan dipenggal, seperti legenda, ia diarak kembali ke Konstantinopel untuk dipajang di atas gerbang kota.

Meskipun legenda kepalanya di atas gerbang Konstantinopel tetap ada, tapi sedikit yang menyebutkan tentang tubuhnya setelah kematiannya. Ada banyak kontroversi mengenai lokasi makam Vlad III.  Dikatakan ia dimakamkan di gereja biara di Snagov, di tepi utara kota modern Bucharest, sesuai dengan tradisi pada masanya.  Namun baru-baru ini, para sejarawan mempertanyakan apakah Vlad mungkin benar-benar dimakamkan di Biara Comana, antara Bukares dan Danube, dekat dengan lokasi yang diduga sebagai lokasi pertempuran dimana Vlad dibunuh.
Image
Satu hal yang pasti: tidak seperti Count Dracula dari Stoker, Vlad III dipastikan mati.  Hanya kisah-kisah sadisnya selama bertahun-tahun sebagai penguasa Wallachia yang tetap menghantui dunia modern.

Sampai hari ini, kisah keturunannya masih menjadi misteri, mungkin hanya hidup melalui kisah fiksi Bram Stoker dan Count Dracula.















.












































Comments

Popular posts from this blog

Pengakuan Beth Thomas: "Child of Rage,' Seorang Anak Psikopat Yang Mengaku Ingin Membunuh Orang Tuanya

Dark Disney: Kisah Original Di Balik Cerita Klasik Disney - Sleeping Beauty

Dina Sanichar, Anak Laki-Laki Yang Ditemukan Tinggal di Hutan Yang Menginspirasi Mowgli, The Jungle Book