Dina Sanichar, Anak Laki-Laki Yang Ditemukan Tinggal di Hutan Yang Menginspirasi Mowgli, The Jungle Book

Image
Sebagian dari kita pasti sudah tahu cerita The Jungle Book, dengan tokoh anak kecil bernama Mowgli yang merupakan karya  terkenal Rudyard Kipling. The Jungle Book menceritakan kisah Mowgli: seorang anak laki-laki yang ditinggalkan oleh orang tuanya dan dibesarkan oleh serigala. Dimana dia hidup dan dibesarkan dalam dunia  hewan. Dia tidak pernah belajar bagaimana berinteraksi dengan manusia lain. Kisah terkenal Kipling, yang keudian diadaptasi menjadi  film keluarga oleh Walt Disney, memiliki pesan yang membangkitkan semangat tentang penemuan jati diri dan harmoni antara peradaban manusia dan alam.  Namun, hanya sedikit orang yang tahu bahwa kisah itu didasarkan pada peristiwa nyata yang tragis. Namanya Dina Sanichar, yang dikenal juga dengan sebutan “the Indian wolf-boy”, seorang anak laki-laki liar yang hidup pada abad ke-19 dan dibesarkan oleh serigala—banyak yang percaya bahwa Dina adalah inspirasi sebenarnya di balik The Jungle Book. Tapi perlu dicatat, meskipun kenyataannya, terk
loading...

Foto Foto Pasien Rumah Sakit Jiwa Bethlem Royal Hospital, Pada Abad ke-19


Bethlem Royal Hospital, juga dikenal sebagai St Mary Bethlehem, Rumah Sakit Bethlehem atau Bedlam, adalah sebuah rumah sakit jiwa di London yang didirikan pada tahun 1247.

Bethlem adalah RS pusat tertua di Eropa yang semata-mata ditujukan untuk perawatan penyakit mental.  Fasilitas ini didirikan oleh Uskup Italia Goffredo de Prefetti. Awalnya RS ini dibangun bukan sebagai tempat perawatan bagi orang penderita gangguan mental tetapi untuk membantu mengumpulkan dana untuk Perang Salib melalui pengumpulan sumbangan.  Yang selanjutnya selama masa ini, banyak bermunculan orang miskin  yang menderita gangguan jiwa.

Pada tahun 1728, James Monro menjadi kepala dokter di Betlem yang berlangsung sekitar empat generasi.  Dimasa inilah prosedur perawatan menjadi lebih buruk.  Pasien dipukuli secara rutin dan dibiarkan kelaparan. Banyak dari mereka yang meninggal karena penyiksaan yang di dapat disini yang di era modern kemudian dilakukan penggalian saat ditemukannya kuburan masal para pasien yang meninggal dunia.

Salah satu perawatan mengerikan yang ditemukan oleh Erasmus Darwin - kakek dari Charles Darwin - disebut dengan terapi rotasi yang menempatkan pasien di kursi yang tergantung di udara yang kemudian diputar selama berjam-jam.
Fotografer Henry Heiring mengambil potret pasien ini pada abad ke-19 untuk melihat apakah wajah mereka dapat menunjukkan bukti penyakit mereka.
Kebanyakan dari pasien Bethlem Royal Hospital adalah penderita acute mania, acute melancholia, dan mania tipe lainnya ataupun mereka yang pernah melakukan pembunuhan.

Seseorang  yang tinggal di area rumah sakit pasti bisa mendengar suara “tangisan, pekikan, raungan, perkelahian, hentakan  rantai, sumpah serapah, celotehan dan lain lain  yang terdengar dari luar.

Berikut foto foto para pasien di Bethlem Royal Hospital di abad ke 19.
Foto foto berikut merupakan dokumentasi milik Bethlem Museum of the Mind
Eliza Camplin 1857.
Seorang pasien wanita penderita acute mania

Harriet Jordan, 1858
Pasien penderita acute mania

Eliza Josolyne, 1856
Pasien dengan acute melancholia

Fanny Barrett, 1858.
Pasien dengan intermitten mania
Pasien acute melancholia
Pasien acute melancholia

Eliza Crapp, 1854 - 1858
Pasien acute mania
Either Eliza Griffin, admitted 1855
pasien acute mania

Pasien dengan acute mania

Ayah dan anak John dan Thomas Bailey
pasien acute melancholia.
William Thomas Green, 1857,
 Pasien acute mania
Captain George Johnston pernah melakukan pembunuhan yang kemudian dikirim ke Bedlam tahun 1846 setelah di diagnosa menderita mania.

Namun pada perang dunia kedua Bethlem Royal Hospital dipindahkan lokasinya ke tempat yang lebih pedesaan dan mereka mulai membenahi sistem perawatan dan memperbaiki citra buruk Rumah Sakit tersebut. Dan dokumentasi dari Bethlem Museum of The Mind telah memberi kita sedikit gambaran pasien di rumah sakit itu. 


Comments

Popular posts from this blog

Pengakuan Beth Thomas: "Child of Rage,' Seorang Anak Psikopat Yang Mengaku Ingin Membunuh Orang Tuanya

Dark Disney: Kisah Original Di Balik Cerita Klasik Disney - Sleeping Beauty

Dina Sanichar, Anak Laki-Laki Yang Ditemukan Tinggal di Hutan Yang Menginspirasi Mowgli, The Jungle Book